Minggu, 21 Agustus 2011

Browsing Anonymous The Onion Router | Networking

Apa yang dimaksud dengan browsing anonimously? Yaitu browsing dengan menyembunyikan identitas kita. Identitas apa yang disembunyikan, yaitu IP address. Pada dasarnya, kita browsing namun yang terdeteksi bukanlah IP address komputer kita, melainkan IP dari proxy server yang kita lewati. Apa sih gunanya kita browsing tanpa diketahui(anonim)? Tentunya untuk menyembunyikan identitas kita.


Pada artikel ini tool yang saya gunakan yaitu Tor atau The Onion Router. Yang memungkinkan kita menggunakan proxy server dari semua server Tor yang ada. Tentu saja kita tak bisa dilacak, karena yang terdeteksi saat melacak IP kita adalah IP dari server Tor yang kita gunakan.


Browsing secara anonim yaitu menggunakan konsep memantulkan koneksi kita ke server-server lain di dunia. Dan kegunaan dari brosing secara anonim ini yaitu kita dapat menghindari orang-orang yang ingin mengumpulkan data tentang website apa yang kita kunjungi, juga dapat menghindari website yang ingin mempelajari atau mengetahui alamat fisik kita atau juga lokasi kita. Dengan browsing secara anonim maka kita bisa menghindari hal-hal tersebut.

Hal yang perlu disiapkan yaitu software yang akan kita gunakan. Dibawah ini saya jelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk dapat browsing secara sembunyi-sembunyi.
  • Pertama, download software Tor yang bisa didownload melalui link ini, download tor. Pilih sesuai sistem operasi yang Anda gunakan.
  • Langkah kedua, extract file yang sudah kita download.
  • Kemudian jalankan Tor. Untuk Windows, jalankan file "Start Tor Browser.exe". Sedangkan untuk Linux, gunakan perintah berikut ini untuk menjalankannya,
Haris@Fixer-Prime:~$ sudo ./start-tor-browser
  • Tunggu tor mencari proxy. Jika sudah siap maka akan muncul tulisan Connected to the Tor network pada interface Tor. Pada Windows, Tor akan secara otomatis membuka Mozilla Firefox yang ada pada folder Tor tadi. Browser tersebut siap digunakan untuk browsing secara anonim. Dari website resminya sendiri disarankan menggunakan Firefox. Namun jika Anda ingin menggunakan Firefox yang ada di komputer Anda dapat menginstal extension yaitu torbutton untuk Firefox, klik link ini untuk menginstal. Tentu saja untuk versi Linux kita harus menambahkan extensi untuk torbutton.
  • Setelah semua selesai, akan muncul tanda Tor button Enable pada status bar yang berarti Tor siap digunakan. Dan Anda pun siap browsing tanpa diketahui, tanpa terlacak jejak kita. Anda bisa mengecek IP Address Anda misalkan pada website http://ipgue.com. Lihat perbedaan IP Anda pada browser yang tidak menggunakan Tor. Berikut screenshotnya, selamat mencoba, semoga bermanfaat. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar