Senin, 12 Desember 2011

Compile dan Install Software Dari Source Code

Compile dan Install Software Dari Source Code. Kadangkala kita mendapat aplikasi dalam bentuk source code. Itu berarti aplikasi open source, karena kita bisa mendapatkan source code dari program tersebut. Biasanya source code aplikasi mempunyai ekstensi .tar.gz atau .tar.bz2, atau kata lainnya adalah tarball. Untuk menggunakannya kita perlu mencompilenya. Ekstensi berbeda, perlakuan berbeda pula. Walaupun melakukan kompilasi source code terlihat susah dan rumit, tetapi sebenarnya tidak sama sekali.
Langkah-langkah instalasi biasanya seperti berikut ini,
# tar xvzf namapaket.tar.gz (atau tar xvjf namapaket.tar.bz2)
# cd namapaket
# ./configure
# make
# make install
Memang mudah, tinggal mengikuti langkah-langkah tersebut kita sudah berhasil menginstal aplikasi melalui source code. Tetapi kita tidak mengerti apa sebenanrya langkah-langkah tersebut, tidak mengerti untuk apa dan kenapa menggunakan langkah-langkah tersebut. Saya akan coba menjelaskan apa maksud dari langkah-langkah tersebut.

Langkah pertama, Unpacking.

Setelah kita mendapatkan paket yang akan kita install, langkah yang harus kita lakukan selanjutnya adalah extract atau unpack file tersebut. Bisa kita lihat bahwa file yang akan kita install berbentuk archive .tar.gz atau .tar.bz2. Jadi disini source code yang telah dikumpulkan di compress menjadi satu dalam archive .tar yang berarti source code tersebut menjadi tarball. Setelah itu kemudian di compress lagi menggunakan gzip jika file berbentuk .tar.gz atau menggunakan bzip2 jika file berekstensi .tar.bz2.

Proses instalasi untuk kedua jenis paket ini sama. Yang berbeda hanya pada saat extract atau unpack paket tersebut. Disini saya contohkan file yang akan kita install bernama aplikasi.tar.gz atau aplikasi .tar.bz2. Dan tempat file tersebut diinstall ada di home direktori user yang bernama saya, dalam folder downloads, (/home/saya/downloads/).

Saya asumsikan sudah masuk ke folder diatas. Kemudian untuk unpacking paket dengan extensi .tar.gz gunakan perintah berikut.
saya@komputer: ~/downloads$ tar xvzf aplikasi.tar.gz

Jika paket berupa .tar.bz2 gunakan perintah berikut ini agar tar tau bahwa file kita merupakan file bzip2.

saya@komputer: ~/downloads$ tar xvjf aplikasi.tar.bz2

Setelah selesai extract biasanya paket aplikasi masuk dalam folder baru. Untuk melihatnya gunakan perintah,
saya@komputer: ~/downloads$ ls
aplikasi aplikasi.tar.gz
saya@komputer: ~/downloads$

Ini berarti paket kita masuk ke dalam direktori aplikasi.

Kita tahu bahwa paket kita masuk ke direktori aplikasi. Kemudian masuk ke direktori tadi dengan peintah,
saya@komputer: ~/downloads$ cd aplikasi
saya@komputer: ~/downloads/aplikasi$

Gunakan perintah ls jika Anda ingin melihat isi dari folder tersebut. Baca file README atau INSTALL untuk melihat keterangan lebih lanjut mengenai paket yang akan di install. Biasanya beberapa paket memerlukan perlakuan khusus yang dijelaskan pada file tersebut. Sampai disini langkah unpacking selesai.

Langkah Kedua, configure

Langkah kedua setelah kita masuk ke direktori paket yaitu melakukan configure terhadap paket tersebut. Biasanya yang perlu kita lakukan adalah dengan menjalankan script configure. Tapi tidak selalu harus demikian, untuk itulah gunanya kita membaca file README dan INSTALL. Untuk melakukan konfigurasi paket gunakan perintah berikut:
saya@komputer: ~/downloads/aplikasi$ ./configure

Kita belum melakukan kompilasi apapun sampai dengan langkah ini. Yang kita lakukan pada langkah configure ini yaitu melakukan pengecekan terhadap system dan menentukan nilai untuk variable yang membutuhkan dependensi terhadap system. Nilai tersebut yang digunakan untuk mengenerate Makefile yang akan digunakan untuk mengenerate binary / executab;e yang sebenarnya.

Configure hanya akan menapilkan pesan error tanpa memperbaiki jika ditemukan error. Jika configure selesai tanpa menampilkan pesan error, kita siap menuju langkah selanjutnya.

Langkah Ketiga, Building.

Langkah selanjutnya adalah mengcompile source code sehingga menghasilkan binary atau program executable. Jalankan perintah make.
saya@komputer: ~/downloads/aplikasi$ make

Perintah make membutuhkan Makefile untuk building program. Jadi sampai langkah ini kita sebaiknya telah berhasil menjalankan langkah kedua dengan sukses atau mencari cara untuk mendapatkan Makefile. Intinya perintah make membutuhkan Makefile.

Lama tidaknya proses ini bergantung pada besar kecilnya aplikasi yang di compile. Juga dipegaruhi oleh spesifikasi komputer yuang digunakan. Semakin baik semakin cepat. Setelah berhasil melakukan make, kita siap untuk langkah terakhir instalasi.

Langkah Keempat, Install.

Langkah untuk instalasi yaitu dengan menggunakan perintah make install. Kita perlu menjadi root untuk langkah ini atau dengan menambahkan sudo di awak perintah. Anda akan ditanya password untuk menjalankan perintah sebagai root.
saya@komputer: ~/downloads/aplikasi$ sudo make install

Tunggu beberapa saat. Setelah selesai, program berhasil diinstall.

Program yang kita install melalui source code biasanya langsung menuju direktori default yaotu /usr/local/bin. Jika direktori tersebut sudah masuk di PATH, maka kita bisa langsung menjalankan aplikasi dengan memanggil nama dari program tersebut.

Membersihkan Berkas Instalasi.

Kita perlu membersihkan berkas-berkas yang tadi digunakan selama instalasi. Hal ini tentunya bisa menghemat disk space. Untuk membersihkannya, gunakan perintah berikut:
saya@komputer: ~/downloads/aplikasi$ make clean

Jangan delete folder instalasi ataupun Makefile. Kita cukup menjalankan perintah tersebut. Karena kita memerlukan Makefile jika suatu saat ingin melakukan uninstall aplikasi tersebut.

Uninstall Program.

Biasanya ada penjelasan tentang bagaimana melakukan uninstall pada manual program. Jika tidak, kita bisa menggunakan Makefile tadi untuk melakukan uninstall.
saya@komputer: ~/downloads/aplikasi$ sudo make uninstall

Jika langkah tersebut tidak menunjukkan error dan selesai, berarti program telah berhasil kita uninstall. Tetapi jika ternyata Makefile tidak berhasil, maka kita harus menghapus program secara manual.

Keterangan dimana file program tersebut berada ada di Makefile tadi. Buka file tersebut dan lakukan penghapusan manual file-file program tersebut.

4 komentar:

  1. hebat banget deh tapi agak bingung langkahnya soalnya baru kenal untuk install itu

    BalasHapus
  2. makasih ya gan tipsnya . . membantu banget deh

    BalasHapus
  3. @All: sama2 gan.. seneng kalo artikel saya bisa membantu.. :)

    BalasHapus