Selasa, 13 Desember 2011

Bagaimana Memulai White Hat SEO | 10 Langkah Awal

White Hat SEO adalah cara legal yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan SERP (Search Engine Result Page) yang bagus di search engine. Tentang SEO silahkan merefer kesini, Definisi dan Pengertian SEO. Ada dua macam metode SEO, yaitu white hat dan black hat. Seperti namanya, white hat adalah teknik SEO murni, sedangkan black hat kita sedikit menggunakan teknik "iseng". Tetapi, bagaimanapun juga, black hat SEO sangatlah beresiko. Apalagi jika ceroboh. Untuk itu, White hat merupakan cara terbaik, bukan pilihan atau alternatif, tapi memang yang utama.


Berikut ini adalah teknik yang bisa kita lakukan dalam memulai white hat SEO.

Yang pertama, Nama Domain.

Carilah nama domain yang sesuai dengan isi dari website Anda.Jika tidak carilah domain yang mudah diingat, tentunya yang singkat. Dengan begitu orang akan mudah menghafal nama domain Anda. Juga mareferensikan ke orang lain dengan mudah. Singkat, padat, dan jelas.

Kedua, Original Content.

Content atau isi dari blog/website adalah hal utama dari blog/website tersebut. Buatlah content yang asli, original sehingga dapat mencirikan blog/website. Copy paste tidak disarankan, tetapi jika terpaksa rombaklah artikel tersebut sehingga tidak identik dan tidak dianggap sama oleh search engine.

Ketiga, Update Content Berkala.

Update content secara berkala. Tiap hari kalau bisa dan sempat, karena robot crawler bisa jadi tiap hari melakukan crawl terhadap website-website, termasuk website Anda. Usahakan update tiap hari agar saat robot tersebut mengunjungi website Anda dalam keadaan terupdate sehingga tidak tergeser posisinya karena tidak dianggap kurang aktif dan kalah dengan website lain yang sering diupdate.

Empat, Nama URL.

Usahakan nama URL yang sesuai dengan judul posting atau halaman. Misalnya saya mempunyai website dengan posting yang membahas tentang kesehatan udara, saya menyesuaikan URL dengan isi posting seperti berikut, http://aboutourearth.com/healthy-air-in-our-environment/.

Kelima, Judul.

Jangan asal-asalan saat memberi judul. Gunakan judul yang tepat dengan isi dan keyword. Keakuratan judul dan isi memberi dampak yang besar bagi search engine dan pembaca.

Keenam, Tag alt Untuk Gambar.

Gambar tidak akan mudah dikenali jika kita menggunakan gambar dengan nama file misalkan DSC001.jpg. Search engine tidak akan mengetahui gambar apa yang ada pada file tersebut. Untuk itu, kita gunakan alt tag pada gambar tersebut. Search engine akan mengenali gambar tersebut meskipun dengan nama file yang tidak sesuai karena melihat dari alt tag gambar tersebut.

Ketujuh, Anchor Text.

Anchor text adalah link yang menghubungkan satu posting ke posting yang lain dalam artikel pada posting tersebut. Hal ini dilakukan agar orang yang sedang membaca suatu posting dapat dengan segera mencari tau arti kata / apapun yang dibuat dengan anchor text. Contohnya dapat kita lihat pada situs wikipedia. Ada begitu banyak anchor text dalam setiap posting.

Kedelapan, Meta Tag Untuk Postingan.

Apa itu meta tag? Menganai pengertian dan penjelasan meta tag sudah pernah saya posting disini, http://hope-hunter.blogspot.com/2011/08/pengertian-meta-tag.html. Untuk teknik memasang meta tag pada blogger silahkan refer kesini, http://hope-hunter.blogspot.com/2011/08/memasang-meta-tag-pada-blogger-seo.html.

Sembilan, Backlink Berkualitas.

Backlink merupakan hal yang cukup penting. Banyak backlink situs kita di situs lain merupakan pertanda bahwa situs kita dipercaya. Backlink yang baik adalah backlink dari website lain yang sejenis dan dengan pagerank yang lebih tinggi dari website kita. Backlink akan meningkatkan pagerank website kita.
dapatkan backlink dari website lain yang sejenis karena akan menaikkan pagerank anda, sehingga website anda terkesan website yang dapat dipercaya isinya. http://hope-hunter.blogspot.com/2011/08/cara-cepat-update-pagerank.html

Sepuluh, Related Articles.

Buatlah artikel/posting yang berhubungan dengan posting-posting selanjutnya atau sebelumnya. Dalam hal ini adalah penentuan tema dari website kita. Dengan begitu kita bisa fokus pada keyword tertentu untuk search engine.

10 komentar:

  1. makasih gan ane baru tahu ni white hat seo nya

    BalasHapus
  2. tipsnya mantap gan biar seo web ane ningkat

    BalasHapus
  3. setuju banget gan ane sama langkahnya . .terima kasih gan

    BalasHapus
  4. oke om. btw, thanks atas komentarnya..

    BalasHapus
  5. Makasi Banget Y Pak. . .
    Infonya sangat bermanfaat buat saya kerana saya pendatang baru. .

    BalasHapus
  6. iya sama2 pak.. semoga artikel say bisa bermanfaat.. selamat belajar.. :)

    BalasHapus
  7. tengkiu mas bro atas artikelnya ^^

    BalasHapus
  8. Memang sangat tepat yah langkah2 nya tidak ada yang menyalahi aturan main, tapi karena tidak tahu dan ikut2an yg hitam malah amburadul

    BalasHapus
  9. wah.... keren juga nee postingan nya....\\
    tapi sayang nya sudah saya posting duluan....
    dan karena postingan ini saya jadi kepikiran sesuatu yang lebih kereen dengan postingan dan saya jamin deh banyak vi akan visitor yang dateng..... hahhahahahha

    BalasHapus
  10. maksih ya sob, newbie nih makanya masi mau bnyk blajar

    BalasHapus