Minggu, 04 April 2010

Booting dengan USB Flashdisk

Komputer tak bisa bekerja tanpa sistem operasi karena sistem operasi adalah jiwa bagi computer, hehe... kita ngga usah terlalu formal lah... dan sekarang ini kebutuhan akan sistem operasi yang FREE sagatlah dibutuhkan. Untuk itu lahirlah sistem operasi bernama Linux. Namun kebutuhan sekarang ini sudah berbeda, orang membutuhkan sistem operasi yang mudah dibawa, dapat digunakan kapanpun dan fleksibel, dan tentu saja masih free. Oleh karena itu lahirlah aplikasi bernama UNetbootin. Dengan aplikasi ini kita bisa membuat flashdisk kita sebagai media untuk booting komputer. Nah jadi kan kemanapun kita pergi, sistem operasi ada ditangan kita.
Mungkin Anda bertanya-tanya. Sih gimana caranya biar komputerku jalan lewat flashdisk? Trus kalo buat laptop sama apa ngga?
Jawaban untuk pertanyaan di atas sangatlah mudah, anda tinggal mengganti settingan
BIOS komputer anda supaya melakukan booting dari flashdisk. Akan saya jelaskan secara mendetail di artikel saya yang lain. Wuokeehhh??!! Hehehe... Sering-sering aja kunjungi blog crashfix.blogspot.com.
Seperti yang telah dijelaskan di atas, dan sebaiknya ngga usah banyak basa-basi karena saya yakin anda belum tentu membaca semua isi dokumen ini. Yuk...

Langkah pertama yang diperlukan untuk membuat flash boot (nama sendiri) yaitu aplikasi bernama UNetbootin. Anda bisa mendownloadnya di website UNetbootin tersebut ataupun searching lewat mbah Google.
Setelah itu yang perlu disiapkan lagi adalah disk image dari sistem operasi linux yang kita punya. Anda bisa membuatnya sendiri ataupun download dari internet.
Jika kedua itu sudah ada maka Anda bisa langsung membuat flash boot, eh, jangan lupa siapin komputer.
  • Oke deh. Pertama, jalankan UNetbootinnya. Tampilannya kaya gini. Media kita pilih diskimage karena kita akan membuat flash boot dengan disk image berupa iso image. Kalo kita pilih yang distribution berarti UNetbootin akan melakukan download tergantung distribusi linux yang kita pilih langsung dari website linux tersebut. Lamaaaaa...... kalo yang custom tuh buat yang udah advance.







  • Lalu klik tanda browse [...] dan pilihlah file iso yang akan kita gunakan. Nah, kali ini saya menggunakan Ubuntu Linux 9.10.








  • Sampe langkah ini harusnya flashdisk sudah di colok ke port USB. Setelah memilih file iso yang akan kita gunakan, pilihlah flashdisk yang akan digunakan. Pada type pilih kotak pemuat, pada drive pilihlah drive letter yang tepat yang merupakan flashdisk yang akan digunakan. Diatas ada pilihan Show all drives (use with care), nah, jika anda contreng pilihan tersebut maka semua drive akan ditampilkan mulai dari drive A: dan seterusnya, yang penting yang kita pilih adalah drive letter flashdisk yang akan kita gunakan.














  • Jika sudah, tombol OK menunggu kita... jangan segan-segan jika sudah yakin, klik OK. Maka UNetbootin akan memulai proses pembuatan flash boot. Tunggu sampai proses selesai.













  • Prosesnya ngga lama kan? Nah setela h selesai ada dua pilihan yaitu Reboot Now dan Exit. Jika kita akan langsung menggunakannya bisa pilih reboot now dan komputer akan restart. Jika tidak pilihlah Exit.












Nah, proses pembuatan Flash Boot telah selesai. Sekarang flashdisk siap digunakan untuk booting. Mudah bukan?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar