Minggu, 24 Juli 2011

Remaster Ubuntu Dengan UCK

Oke, kali ini saya akan coba memberikan posting tentang bagaimana melakukan remaster pada Linux. Tools yang saya gunakan disini adalah UCK yaitu Ubuntu Remaster Kit. Yupz, seperti namanya. Tools ini hanya bisa kita gunakan untuk remaster Ubuntu dan distro turunannya.

Tapi walaupun UCK ini kemampuannya terbatas hanya pada distro itu saja, tetapi tool ini luar biasa. Karena saat kita melakukan remastering, kita seakan-akan sedang masuk kedalam sistem Linux yang kita buat sendiri. Dengan leluasa kita bisa melakukan pengeditan untuk tiap file. Menambahkan ataupun menghapus paket yang sudah ada juga sangat mudah.


Salah satu hasil distro yang telah sukses diremaster menggunakan UCK dan menghasilkan distro baru. Salah satunya adalah Tea Linux OS yang dikembangkan oleh DOSCOM (Dinus Open Source Community). Saya yakin sudah banyak yang mengetahui tentang distro tersebut. Baiklah, saya langsung ke tutorialnya saja.

  • Saya asumsikan Anda terkoneksi dengan internet. Pertama install paket pendukung UCK yang akan digunakan untuk masuk kedalam root sistem linux yang sedang kita remaster. Perintahnya,
pswt_krts@Fixer-Prime:~$ sudo apt-get install fakeroot gfxboot squashfs-tools
  • Kemudian langsung saja instal UCK menggunakan perintah, (Ubuntu mode)
pswt_krts@Fixer-Prime:~$ sudo apt-get install uck
  • Lalu, buat direktori untu menaruh file yang diremaster. Taruh di direktori home user anda. Ganti user dengan username Anda.
pswt_krts@Fixer-Prime:~$ mkdir /home/user/tmp
  • Langkah selanjutnya sudah memulai remastering.Sampai saat ini Anda harus sudah menyiapkan file Iso Ubuntu yang akan diremaster. Taruh file iso dalam folder user anda, pastikan Anda memiliki space harddisk minimal 5 GB. kemudian pada terminal, masuk ke home user, lalu,
pswt_krts@Fixer-Prime /home/user/:~$ sudo uck-remaster-unpack-iso nama-file-iso-anda.iso
  • Tunggu sampai proses selesai yang kemudian akan menghasilkan file dari iso yang telah di extract yang berada dalam folfer tmp.
  • Jalankan perintah berikut untuk mulai melakukan kustomisasi.
pswt_krts@Fixer-Prime /home/user/:~$ sudo uck-remaster-prepare-alternate 
  • Lakukan perintah unpack root file system supaya kita bisa masuk menjadi root
pswt_krts@Fixer-Prime /home/user/:~$ sudo uck-remaster-unpack-rootfs
  • Setelah selesai proses diatas. Saatnya melakukan chroot pada sistem ubuntu remaster kita. Setelah kita masuk sebagai root, kita bisa melakukan semua perintah linux pada sistem baru kita. Baik itu menginstal paket software, uninstall, menambah user, mengkonfigurasi file, semua dapat kita lakukan. Hasil dari kita mengedit dalam chroot inilah yang akan menjadi sistem baru kita. Jadi apapun yang kita lakukan akan berpengaruh pada sistem kita yang baru.
pswt_krts@Fixer-Prime /home/user/:~$ sudo uck-remaster-chroot-rootfs
  • Pastikan Anda melakukan semua pengeditan yang Anda butuhkan disini. Tambahkan wallpaper atau apapun yang dibutuhkan disini. Anda juga bisa menambahkan software atau paket baru. Sehingga saat sistem sudah terinstal kita bisa menggunakan CD linux kita sebagai repositori. Untuk itu, Copy file package Anda kedalam folder ~/tmp/remaster-iso/pool/extras/ dengan catatan paket tersebut tidak akan secara otomatis terinstall saat anda menginstal sistem. Jika ingin agar paket tersebut terinstall maka kita perlu mengedit file pressed, pressed file adalah file yang memberitahu apa saja yang harus dilakukan oleh installer ubuntu. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang file pressed akan saya bawakan di posting nanti.
  • Setelah selesai, buat gpg privacy guard key untuk distri kita
root@ubuntu:~# sudo gpg--gen-key
  • Finalisasi distro hasil remaster kita dengan key yang baru tadi
root@ubuntu:~# sudo uck-remaster-finalize-alternate key-baru-tadi
  • Setelah anda selesai, pack lagi linux yang telah kita edit tadi menggunakan perintah,
root@ubuntu:~# sudo uck-remaster-pack-iso

Setelah proses selesai Anda bisa menggunakan distro linux yang baru saja Anda buat. File ada pada /home/user/tmp/remaster-new-files. Selamat mencoba. :)

3 komentar:

  1. Kang, tolong di perdetail lagi dan kirim tutornya ke email saya. saya dah lama pingin buat distro buat sekolah saya. trims sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emailnya mana mas? nanti tak kirimkan..

      Hapus
    2. kang saya bleh mnta modul nya jga gak ??

      Hapus