Selasa, 06 Desember 2011

Install Backtrack 5

BackTrack 5 Desktop
Install BackTrack 5 - Sebelum kita dapat menggunakan sebuah komputer, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menginstalasi komputer tersebut dengan sistem operasi. Sistem operasi inilah yang akan menjadi perantara kita untuk dapat menjalankan komputer dengan baik. Ada begitu banyak pilihan sistem operasi yang dapat kita gunakan. Salah satunya adalah backtrack linux. Mengenai backtrack linux dapat anda baca disini, http://hope-hunter.blogspot.com/2011/12/tentang-backtrack-linux.html.


Backtrack adalah sistem operasi yang dibuat khusus untuk melakukan penetration testing dan hal-hal yang berhubungan dengan hacking, cracking, dan forensic. Backtrack adalah sistem operasi yang sangat powerful untuk melakukan semua hal tersebut.

Hal pertama yang perlu disiapkan untuk memualai instalasi adalah menyiapkan media booting. Kali ini saya akan coba menginstall menggunakan USB Flashdisk. Untuk melihat tutorial cara membuat USB booting linux klik, http://hope-hunter.blogspot.com/2010/04/booting-dengan-usb-flashdisk.html.

Setelah selesai membuat usb booting, saatnya melakukan booting komputer/laptop kita melalui usb. Saya asumsikan anda sudah tahu bagaimana cara agar komputer bisa booting dari usb. Jika tidak, silahkan kirim komentar anda.

Langkah instalasi backtrack linux ini sendiri tidak berbeda jauh dengan instalasi ubuntu linux karena backtrack juga diturunkan dari ubuntu.

Langkah pertama setelah kita berhasil booting dari usb adalah login. Gunakan user dan password default yaitu root dan toor. Setelah itu, kita dihadapkan pada tampilan CLI (Command Line Interface). Untuk masuk ke tampilan GUI (Graphical User Interface), jalankan perintah "startx" tanpa tanda petik dan anda akan masuk ke GUI.

Setelah masuk, silahkan langsung click icon install backtrack untuk melakukan instalasi. Saya asumsikan disini anda sudah mempersiapkan partisi yang akan diinstall backtrack. Langkah instalasi sama persis seperti ubuntu. Hanya saja ini lebih sedikit dan lebih simple. Silahkan ikuti langkah-langkah instalasi. Tunggu beberapa saat seteah itu sistem siap digunakan.

Jika ada pertanyaan, silahkan komentar dibawah ini. Inti dari artikel ini juga supaya anda dapat memahami proses instalasi dengan baik. Terutama bagian partisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar