Kamis, 25 Agustus 2011

Privacy Setting Baru Untuk Facebook

Akhirnya Facebook mengimplementasikan Privacy Setting baru pada situsnya. Seperti yang kita ketahui, Privacy Setting atau dalam bahasa Indonesia Pengaturan Privasi yaitu dimana kita bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat mulai dari update status sampai dengan detail profil kita. Kita bisa mengatur hal-hal apa saja yang ingin kita perlihatkan pada orang lain, pada teman, atau ingin menyembunyikannya.


Privasi bisa juga berhubungan dengan keamanan. Khususnya keamanan pada Facebook ini, privasi adalah hal yang cukup vital untuk keamanan akun kita. Mengapa bisa begitu, hal ini dikarenakan privasi adalah hal yang mutlak perlu kita atur. Misalkan saja privasi tentang alamat rumah kita, jika kita membiarkan semua orang melihatnya akibatnya bisa saja sampai kepada hal-hal yang tidak baik misal tindak kriminal. Bukan berarti itu adalah kelemahan dalam Facebook, tetapi itu adalah teguran bagi kita sendiri yang harus lebih jeli lagi dalam mengamankan hal-hal apa saja yang perlu di share ke publik.

Nah, saat ini Facebook telah mengeluarkan pengaturan yang lebih mudah, lebih komplit dan bisa kita atur kapan saja karena sekarang ini setting tersebut sudah ada pada tiap bagian akun kita. Fitur dari Privacy Setting Facebook yang baru ini akan saya bahas di bawah ini.
  • Hal pertama yang cukup menonjol dan terlihat perubahannya yaitu pada form update status. Ada tiga hal yang baru disini seperti terlihat pada gambar. Nomor satu adalah pengaturan yang memudahkan kita dalam melakukan tag pada teman kita. Kita bisa menyertakan dengan siapa saja kita sedang melakukan aktifitas. Pada nomor dua ada pengaturan lokasi, lokasi dimana kita melakukan update status. Dan yang ke tiga adalah pengaturan kepada siapa post atau status yang akan kita post tersebut dapat terlihat, ada tiga pilihan yaitu Public, Friends, dan Custom. Public berarti post terlihat ke semua orang, friends hanya teman, dan custom kita dapat mengatur pada orang-orang tertentu saja kita memperlihatkan posting kita.
  • Yang kedua pada profil kita. Kita bisa mengatur setiap post yang sudah terbit hanya dengan klik tombol privasi pada pojok kanan atas tiap-tiap post.
  • Adanya tombol View Profile As... yang berguna untuk kita melihat profil kita sendiri sebagai orang lain. Baik itu teman kita, atau orang yang belum kita kenali. Hal ini bisa sebagai pratinjau dalam mengatur privasi profil.
  • Kemudian pada halaman Pengaturan Privasi itu sendiri. Klik tombol akun, kemudian pengaturan privasi untuk masuk ke privasi setting. Pada halaman ini, pengaturan benar-benar sudah berbeda. Sedikit membingungkan jika kita baru pertama melihatnya, tetapi justru lebih mudah dari yang sebelumnya. Ada beberapa point baru pada bagian ini. 
  1. Yang pertama How You Connect, didalamnya berisi pengaturan seperti siapa saja yang dapat melihat info profil kita, dan lain-lain. 
  2. Kemudian, How Tag Works seperti terlihat pada gambar. Pada pengaturan ini, kita bisa mengatur saat orang melakukan tag kepada kita, apakah harus membutuhkan persetujuan kita atau tidak agar dapat ditampilkan pada dinding kita
  3. Dan yang ketiga Limit the Audience for Past Posts, kita bisa mengatur posting yang telah ada sebelum diberlakukannya pengaturan yang baru ini. Kita bisa merubah untuk hanya memperlihatkannya pada teman kita atau tidak.
Itulah perubahan baru yang dilakukan Facebook pada pengaturan privasi. Hal ini cukup menuai banyak pro dan kontra. Pesaing Facebook yaitu Google Plus, sudah lama mengimplementasikan fitur seperti ini. Dan ada juga yang menganggap Facebook meniru Google Plus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar